""Kita Belum Hidup Dalam Sinar Bulan Purnama , Kita Masih Hidup Di Masa Pancaroba , Tetaplah Bersemangat Elang Rajawali" ( Indonesia Raya - Indonesia Merdeka ) SMART GATE - Indonesia Online

SMART GATE : INOVASI PEMDA PROBOLINGGO
Indoonlinesia.blogspot.com, PROBOLINGGO-Sebuah terobosan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo, baru saja di terapkan. Smart Gate sebagai solusi untuk pengamanan kendaraan bagi pegawai dan masyarakat agar nyaman dalam memarkir kendaraan, hal ini merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. 

Taufiqi(Kiri),Kasubag Sarpras. (Tengah)Hudan Syarifuddin Kabag Umum,
(Kanan)Roby Staf Sarpras Bag Umum
Menurut Kasubag Sarana Prasarana Bagian Umum Taufiqi“Perwujudan pelayanan publik yang optimal dapat terlaksana jika kita dapat menyediakan fasilitas yang memadai dan dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dengan baik.


Inovasi ini sebagai solusi dan percepatan dalam menangani permasalahan, ini merupakan hal yang wajib yang harus di lakukan di era milenial. Aparatur Pemerintah dalam melaksanakan pelayanan publik sudah harus menggunakan teknologi informasi dan sistem digital, imbuhnya.

Lembaga publik tentu seyogianya juga terus berinovasi melayani publik untuk memberikan manfaat secara maksimal kepada warga masyarakat. Untuk realisasi pelayanan publik diperlukan pondasi dari inovasi.

Dengan demikian, sudah jelas dan tegas bahwa aparatur pemerintah harus berkomitmen tinggi dalam melayani masyarakat.

“Bagian Umum telah melakukan uji coba penggunaan Smart Gate dengan single ID untuk akses keluar-masuk Kantor Bupati sebagai pengganti kartu karcis kendaraan. Ujicoba Smart Gate ini sudah dimulai pada tanggal 01 November 2018, Realisasi Smart Gate ini menjadi prioritas karena dinilai sebagai instrumen yang strategis dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam memarkir kendaraan di Kantor Bupati Probolinggo. Kami berharap, penggunaan Smart Gate tidak hanya khusus kendaraan yang melintasi keluar masuk sekretariat, namun juga digunakan sebagai alat identifikasi untuk keperluan keamanan. Diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan bagi karyawan dan setiap orang yang berkunjung, tegas Hudan Syarifuddin (Kepala Bagian Umum Setda Kab. Probolinggo).




























Smart Gate adalah Palang yang digunakan untuk penghalang pintu masuk dan keluar, tujuannya untuk membantu pengaturan kendaraan yang diperbolehkan masuk atau keluar. Palang ini bergerak membuka atau menutup diatur secara otomatis dengan sistem mekanis dan elektris.

Roby (Staf Sarana Prasarana Bagian Umum), yang juga menjadi Super PC Portal Smart Gate, mengatakan Kartu yang telah diaktifkan salah satu fungsi elektronik yang ada di chip di balik setiap kartu. Karyawan dan pengunjung cukup memasukkan kartunya di Dispenser Box yang dipasang di portal, Loop Detector (perangkat khusus dirancang untuk mendeteksi logam yang terletak di dalam  tanah)  akan langsung membaca identitas yang bersangkutan, jika data sesuai maka Barrier Gate akan buka otomatis karena sudah diidentifikasi oleh Rfid Reader dan tangkapan camera otomatis tersimpan untuk keperluan pendataan. Pengunjung juga tidak perlu melakukan aktivasi kartu, semua kartu yang aktif, sudah dapat langsung digunakan,

Dengan adanya sistem ini yang ditangani secara profesional maka akan meningkatkan kondisi keamanan di area kantor karena tidak akan dengan mudah orang mengendarai mobil dan motor keluar-masuk area gedung kita jika tidak bisa menunjukan tanda verifikasi (kartu) yang sesuai dengan kondisi mobil/motor yang dikendarainya. Misalnya plat nomor, jenis, warna dan sebagainya sesuai dengan kriteria yang telah dimasukkan dalam software,” terangnya.

Dengan adanya teknologi sistem ini, masyarakat yang berkunjung akan merasa adanya suasana profesional, keamanan dan kenyamanan yang tinggi di  kantor kita. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kondisi profesional yang kita ciptakan dalam meningkatkan kondisi keamanan dan kenyamanan di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo,tambahnya  Selasa (27/11/2018). (RobyWec)

0 komentar Blogger 0 Facebook

Post a Comment

ΔΆ
Indonesia Online © Copyright 2015 - Blogger Indonesia Online . Powered by RobyWec (Aneka Hosting The New Era Blogger Based Directory)
Top